Sambutan Dekan

SAMBUTAN MAHASISWA BARU TAHUN 2021

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG

 

 

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam Sejahtera bagi Kita Semua, Shalom, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan, Salam Rahayu.

Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 di Kampus Peradaban,  Selamat Bergabung di Fakultas Kebanggaan FISIP UBB dan Selamat Berproses di Prodi Unggulan Sosiologi, Ilmu Politik, dan Sastra Inggris.

Selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa baru FISIP UBB 2021.  Tentunya tidak semua peserta yang mendaftar di FISIP UBB dapat diterima dan masuk disini.  Anda semua merupakan orang-orang terpilih yang telah memenangkan pertarungan-pertarungan pada jalur SNMPTN, SBMPTN maupun SMMPTN. “you are the chosen ones!!!” Kalian adalah 232 orang-orang terpilih dari 1.432 yang diterima di UBB yang merupakan hasil seleksi dari ribuan pendaftar.

Kepada para Mahasiswa Baru Tahun 2021 yang berbahagia, setelah melalui tahapan perjuangan untuk bisa masuk dan bergabung disini, maka jangan pernah sia-siakan proses perjuangan yang telah kalian lalui. Tentu ini bukanlah akhir dari perjuangan itu, memang benar ini akhir dari satu tahap awal dari perjuangan kalian. Akan tetapi perlu diketahui bahwa ini sekaligus menandakan awal dari perjuangan tahapan baru lagi. Pada tahapan ini tentunya akan membutuhkan energi, tenaga, pikiran dan materi yang lebih besar lagi baik segara fisik, sosiologis maupun psikis. Maka kalian semua harus mulai memantapkan langkah dan menguatkan mental, moral dan intelektual kalian di kawah candradimuka ini yang bernama FISIP UBB.

Di sini kalian akan berproses dan mendapatkan berbagai peluang atau kesempatan untuk belajar dan berinteraksi dengan peer group kalian, dengan sesama mahasiswa, dengan para dosen, dengan para praktisi, para pengambil kebijakan, para pemimpin daerah, pemimpin perusahaan; bahkan sangat memungkin dengan para Menteri atau jajarannya dalam setiap even atau kegiatan yang akan digelar oleh baik itu Program Studi, Fakultas, maupun Universitas. Mereka-mereka akan mengisi kelas-kelas kalian selama masa proses pembelajaran kalian di kampus ini baik dalam nuansa akademik maupun non akademik (minat bakat). Fakultas ini telah mencetak Sumber Daya Manusia yang handal yang dapat kalian jadikan motivasi ataupun panutan semangat positif. Begitu banyak para sosok pemimpin-pemimpin yang telah lahir dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung ini. Sebagai contoh terdekat di lingkungan kampus kita ini. Perlu Kalian ketahui bahwa The Founding Father dari kampus tercinta kita ini, Universitas Bangka Belitung adalah sosok dari keluarga besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yaitu Prof. Dr. Bustami Rahman, M.Sc. Beliau merupakan Pendiri sekaligus Rektor Pertama UBB dari tahun 2006-2016. Kemudian pada saat ini kepemimpinan UBB yang ke-3 adalah Bapak Dr. Ibrahim, M.Si. untuk periode 2020-2024. Beliau merupakan bagian dari Keluarga Besar FISIP UBB juga. Pada tataran mahasiswa, pimpinan organisasi mahasiswa di level eksekutif universitas  untuk periode 2019 dan 2020 juga diduduki oleh mahasiswa dari FISIP.

Anda akan berproses belajar bekerja sama, berdiskusi aktif, melempar gagasan dan mewujudkan banyak pemikiran menjadi sesuatu yang berguna bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat, bangsa dan negara. Anda akan saling membangun pengertian, menghargai keberagaman dan kebhinekaan, mengasah kreativitas, berkomunikasi, menjalin relasi dan berkolaborasi, mengasah kepemimpinan dan menjunjung tinggi kemartabatan, etika, dan nilai-nilai kebangsaan. Semua adalah bagian dari tujuan pembelajaran di sini. Ilmu Bukan Untuk diri sendiri, melainkan untuk kemanusiaan dan hidup bersama, bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara. Jangan pernah merasa hebat sendiri, mari menjadi hebat bersama dibawah bendera institusi kita tercinta ini FISIP UBB.

Kegiatan Kemahasiswaan dan Fasilitas

Kehidupan di FISIP UBB sangat dinamis.  Tidak ada waktu untuk berdiam diri.  Anda bisa memilih kegiatan kemahasiswaan yang luar biasa banyaknya. Pada masa PKKMB ini Anda akan diperkenalkan dengan berbagai macam organisasi kemahasiswaan.  Pesan saya, get engaged and take part in it.

FISIP UBB juga dilengkapi dengan fasilitas yang sangat mendukung proses studi Anda di sini.  FISIP UBB mempunyai Perpustakaan Fakultas yang akan mendukung anda untuk belajar dan menemukan berbagai referensi. Untuk meningkatkan kemampuan kalian dalam prestasi, FISIP UBB juga menyedia layanan bimbingan konseling untuk menyusun proposal dibidang Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Pusat Kreativitas Mahasiswa Center (PKM Center) FISIP UBB.

Visi Misi, Akreditasi Nasional dan Dies Natalies FISIP UBB

Sebagai salah satu fakultas yang berada di Universitas Bangka Belitung, Kita FISIP UBB memiliki Visi Menjadi Fakultas Unggulan Berbasis Riset dalam Pengembangan Ilmu Sosial Politik yang Berorientasi pada Pembangunan Berkelanjutan”. Berpedoman pada Visi ini, mari bersama kita satukan tekad untuk merealisasikan cita-cita institusi ini. Bersama kita melangkah menuju satu arah yang yang sama yakni mewujudkan Fakultas Unggulan yang mampu menjadi kebanggaan kita bersama melalui giat Tri Dharma Perguruan Tinggi Negeri.

Sampai sejauh ini semua prodi yang ada di lingkungan FISIP UBB telah terakreditasi nasional. Pada tahun ini juga kami seluruh Program Studi di lingkungan FISIP UBB tengah berupaya untuk meningkatkan nilai akreditasi di BAN PT. ini semua tentunya membutuhkan kerjasama, kerja keras dan kerja cerdas kita semua seluruh civitas akademika baik itu dari unsur dosen, tendik, ormawa dan tentunya mahasiwa juga. Mari kita bergerak bersama untuk meningkatkan citra dan kualitas dari institusi kita.

Dies Natalis FISIP UBB pada tahun ini merupakan dies natalis yang ke 10 tahun. Satu dekade FISIP UBB berdiri dan kali ini mengambil tema Mengasah Kreativitas, Mempertajam Intelektualitas. Perayaan ini telah kita laksanakan pada Juni 2021 lalu. Semangat Diaes Natalis Satu Dekade FISIP UBB tentunya harus dan terus kita gelorakan.

Pada kesempatan ini, saya mengajak semua Angkatan 2021  dan semua mahasiswa FISIP UBB untuk berperan dan menginternalisasi “ruh” visi misi FISIP UBB,  dan tema Dies Natalis dalam semua kegiatan.

Saya juga mengajak kepada semua mahasiswa Angkatan 2021, untuk menjadi angkatan yang cerdas, aktif, kreatif, inovatif dan bijaksana dalam menerima dan mengelola informasi.  Budayakan check dan recheck informasi sebelum meneruskan kepada pihak lain.  Berkomunikasi dan berperilakulah yang santun dalam “tatap muka” dan komunikasi virtual / pengiriman pesan pendek. Marilah bersama-sama untuk saling menghormati dan menghargai antar semua civitas akademika bukan karena posisi dan jabatannya, tapi karena kita sesama manusia yang layak dan wajib untuk dihargai.

Terus Semangat Di Tengah Pandemi, Terus Proteksi Diri, Terus Belajar Mengukir Prestasi

Saya juga berpesan untuk tetap semangat dan beraktivitas positif dalam masa pandemic ini dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan kapanpun dan di manapun Kalian berada, yaitu: memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan jangan berkerumun. Meskipun pandemi covid masih terus melanda, mari kita semua tetap semangat untuk berkarya, mengukir prestasi bersama kami di FISIP UBB tercinta ini. Kita harus bisa belajar mandiri dan mandiri dalam belajar dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi.

Akhir kata saya menyampaikan Selamat Datang dan Selamat Bergabung di Keluarga Besar FISIP UBB.  Selamat belajar dan berproses semoga sukses hingga akhirnya kami dengan bangga akan menyematkan gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dan Sarjana Sastra (S.S) bagi Kalian semua pada 4 tahun mendatang. Sekali lagi, Mantabkan Langkah Mu, Berjuang Bersama Kami dalam Meraih Prestasi Mewujudkan Mimpi. Semoga Tuhan YME senantiasa menyertai dan melindungi kita semua. Aamiin.

 

Salam Hangat Kami dari Gedung Babel I,

Kampus Peradaban, Fakultas Kebanggaan, Prodi Unggulan

 

Dekan FISIP UBB

 

ttd

Sujadmi, M.A