Sekilas Sejarah

SEKILAS SEJARAH

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK

UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG


 

 

 

 

Berdirinya Universitas

Universitas Bangka Belitung merupakan kampus yang masuk dalam kategori Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung adalah fakultas ke-5 (lima) yang berada di lingkungan Universitas Bangka Belitung. Pada awalnya Universitas Bangka Belitung sendiri resmi berdiri pada 12 April 2006, berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor:52/D/2006 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program-program Studi dan Penggabungan Politeknik Manufaktur Timah, Sekoleh Tinggi Teknologi Pahlawan 12 dan Sekolah Tinggi Pertanian Bangka menjadi Universitas Bangka Belitung di Pangkalpinang yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Bangka Belitung di Pangkalpinang.

Berdirinya Fakultas

Universitas Bangka Belitung Praktis menjadi PTN baru pada 19 November 2010 berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2010 tentang Pendirian Universitas Bangka Belitung, Universitas Borneo Tarakan, dan Universitas Musamus. Pada tahun ini masih terdiri atas 8 (delapan) program studi yang tersebar pada 4 (empat) fakultas (FT,FPPB, FE, dan FHIS). Pasa masa transisi status penegerian ini tepatnya satu tahun setelahnya yakni pada 1 Juni 2011 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik resmi berdiri (‘berpisah’ dari FHIS) dengan satu program studi yaitu Sosiologi.

Penambahan Program Studi

Empat tahun kemudian tepatnya pada tahun 2015, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitungmendapatkan ijin operasional untuk berdirinya program studi. Program studi tersebut adalah prodi Ilmu Politik dan Sastra Inggris dan merekrut mahasiswa angkatan pertamanya pada tahun 2016. Dengan demikian hingga saat ini Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung telah memiliki 3 (tiga) program studi yang kesemuanya telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

 

Tagline Fakultas

Guna mewujudkan visi misi dan menjadi motivasi serta sinergisitas pada seluruh civitas akademika, maka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung memiliki tagline atau motto yakni sebagai ”Kampus Peradaban, Fakultas Kebanggaan, Prodi Unggulan”. Tagline ini dicetuskan oleh unsur pimpinan di Universitas, Fakultas, dan Program Studi yang melihat bagaimana akan arah pengembangan institusi yang diharapkan atau dicita-citakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat luas.

Kampus Peradaban diambil dari motto Universitas Bangka Belitung yaitu Unggul Membangun Peradaban. Konsep ini dicetuskan oleh Rektor Pertama UBB yaitu Prof. Dr. Bustami Rahman, M.Si. menjadi kampus peradaban merupakan cita-cita yang ditanamkan sejak awal UBB didirikan sejak tahun 2006.

Fakultas Kebanggaan merupakan konsep dari Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung yang kedua yaitu Dr.Ibrahim, M.Si. konsep ini dicetuskan pada tahun 2016 sebagai bentuk komitmen pimpinan dalam menetapkan visi misi yang sinergi dengan visi misi universitas. Melalui konsep ini harapannya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung mampu mencetak generasi-generasi yang cerdas dan melahirkan sosok pemimpin yang hebat yang mampu membawa sebuah perubahan. Dengan demikian FISIP UBB mampu menjadi kebanggaan bagi para seluruh civitasnya dan masyarakat luas dalam kehidupan berbangsa, dan bernegara.

Prodi Unggulan dilahirkan dari munculnya semangat dan komitmen dari program studi untuk terus meningkatkan mutu pelayanan pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswa. Konsep ini dimunculkan dari Ketua Jurusan Sosiologi pada tahun 2016 yaitu Sujadmi, M.A. Harapan ini semakin kuat muncul dikalangan civitas akademika FISIP UBB yang pada waktu itu Prodi Sosiologi mengajukan proses re-akreditasi ke BAN-PT. Pada Oktober 2016 BAN-PT menetapkan Prodi Sosiologi terakreditasi BAIK (B). berangkat dari sini, seluruh jajaran pimpinan mulai dari Universitas, Fakultas, hingga Program Studi memiliki satu tekad yang sama dimana setiap prodi yang ada di lingkungan FISIP UBB harus mampu dan bisa untuk menjadi prodi unggulan sesuai dengan indikator kinerja yang ditentukan dari BAN-PT. maka konsep inilah yang kemudian ditetapkan sebagai rangkaian tagline di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung.